Wednesday, July 8, 2015

Komandan Resimen 6 Itu Hilang di Warungbambu

Sehari sebelum gencatan senjata dengan Belanda, komandan Resimen 6 Brigade III Divisi Siliwangi bersama tiga orang bawahannya, melakukan inspeksi ke Cibarusah yang terletak di bagian selatan Bekasi. Namun, setelah keesokan harinya, perwira menengah berusia 24 tahun itu tidak kunjung kembali ke markas. Sejak itu, pencarian dilakukan.
Sekarang, menginjak tahun ke 68, di atas untaian puisi sang maestro Chairil Anwar berjudul Karawang-Bekasi, patung peringatan dengan bintang lima di bagian tengahnya itu masih menyisakan misteri. Ya, tugu itu dibuat untuk mengenang bahwa Letkol Surotokunto bersama tiga stafnya yaitu Major Adel Sofyan, Kopral Muhajar, dan Prajurit Murod, hilang tepat di tempat tugu itu berada tanggal 28 November 1946.
Dalam buku yang berjudul Rengasdengklok, Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945 karya Her Suganda, Mantan Asisten Operasi Dokter Suwardjono Surjaningrat saat masih menjabat Menteri Kesehatan menceritakan, saat itu daerah Karawang dan Bekasi menjadi wilayah militer resimen 4. Daerah yang menjadi pertaruhan Republik Indonesia, karena Belanda masih ingin berkuasa. Melalui kaki tangannya, antara lain laskar-laskar rakyat yang pro Hindia-Belanda dan menolak bergabung dengan Tentara Republik Indonesia (TRI), dengan berbagai cara berusaha merongrong Divisi Siliwangi.
Ia melanjutkan, sehari sebelum dilaksanakan gencatan senjata dengan Belanda, Surotokunto dan stafnya melakukan inspeksi ke daerah Cibarusah yang terletak di bagian selatan Bekasi. Turut serta diantaranya kepala Staf Mayor Adel Sofyan, Kopral Muhayar, dan Prajurit Murod. Saat itu Suwardjono berpangkat Kapten. Namun, setelah dinanti sampai keesokan harinya, Letkol Surotokunto dan stafnya tidak kunjung kembali ke markas. Sejak itu pencarian dilakukan. Akan tetapi, yang dijumpai hanya mobil sedan merk Ford yang digunakannya dengan kunci kontaknya masih tergantung. Kendaraan itu ditinggal begitu saja di sisi jalan raya Warungbambu. Ada dugaan keempatnya telah dihadang dan kemudian dipaksa turun dari kendaraan, lalu diculik entah dibawa kemana.
Buktinya, walau usaha pencarian terus dilakukan, Letkol Surotokunto dan stafnya tidak pernah diketahui keberadaannya. Ia dan tiga stafnya diduga kuat telah dihabisi, namun tidak diketahui dimana tempatnya. Sehingga atas dasar itu, Brigjen (purn) Daan Yahya yang saat peristiwa terjadi menjabat sebagai komandan Resimen III, bersama dengan Jenderal AH Nasution dan enam rekan seperjuangannya memberanikan diri membuat pernyataan, bahwa Letkol Surotokunto dan tiga stafnya telah gugur. Walaupun diakuinya, hanya Tuhanlah yang maha mengetahui nasib mereka. Ada dugaan kuat, sebagai perwira menengah yang dikenal tegas dan berani, Surotokunto tidak mau menyerah dengan begitu saja pada para penculknya. Walaupun ia menyadari nasib yang akan menimpa.
Untuk mengenang peristiwa itu, tepat dimana ditemukan mobil sedan yang pernah ditumpangi Letkol Surotokunto dan stafnya, kemudian didirikan tugu peringatan Surotokunto. Peresmiannya dilakukan KSAD Kol AH Nasution pada Hari Pahlawan tanggal 10 November 1951. Menjelang peringaat HUT Divisi Siliwangi (Kini Komado Daerah Militer III/Siliwangi), pada hari Minggu tanggal 18 Mei 1980 di tempat yang sama dilakukan penggalian tanah sebagai "pemakaman syarat" almarhum Letkol Surotokunto. Dalam suasana khidmat, semua yang hadir terdiam saat beberapa prajurit Siliwangi melakukan penggalian. Tanah galian yang berasal dari tempat hilangnya sang komandan tersebut, kemudian dimakamkan kembali di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, bertepatan dengan HUT Divisi Siliwangi ke-34. (*)

3 comments:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  2. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete