Sunday, July 5, 2015

NO WOMAN NO CRY!


Pada saat aku iseng melihat video Dion Idol saat menyanyikan lagunya Bob Marley yang berjudul "No Woman No Cry", ternyata ada fakta yang menunjukkan bahwa anggapan dari kebanyakan orang tentang arti lagu ini adalah salah kaprah. Banyak yang beranggapan bahwa lagu ini berarti "Tidak ada Wanita Tidak usah Menangis". Namun, ternyata artian itu salah, lalu apa arti yang ingin disampaikan Bob Marley dalam lagunya ini? Hal itulah yang akan aku bahas di bawah ini.
Apakah anda tau darimana Bob Marley berasal? Ya, Jamaica. Dan itulah yang menjadi kata kunci dalam mengartikan lagu ini. Dalam dialek Jamaican, kata No dalam No Woman No Cry itu sama artinya dengan kata No dalam No Smoking di dialeg Inggris. Dan untuk lebih jelasnya, di negara asalnya judul lagu ini dibaca "No Woman! No Cry!" dan menurut keterangan pertama tadi, apabila ini didefinisikan ke dialek bahasa Inggris maka akan menjadi "Dont Woman! Dont Cry!" yang artinya "Jangan Gadis! Jangan Menangis!". Jadi, sesungguhnya lagu ini bukan untuk menghibur lelaki yang tidak memiliki kekasih, Namun ini untuk menghibur Perempuan supaya jangan menangis.
Lantas sebenarnya buat siapa lagu Bob Marley tersebut? Lagu tersebut, sebenarnya didedikasikan Bob Marley untuk kaum perempuan berkulit hitam pada masa itu yang diperlakukan tidak manusiawi. Dan lewat lagu itulah, Bob Marley berusaha untuk membangkitkan semangat supaya mereka tidak menyerah pada keadaan serta bisa memperjuangkan hak mereka.
Maka dari itulah, Istri Bob Marley, Rita, sangat mencintai suaminya tersebut hingga dia rela merawat studio musik milik suaminya tersebut. Hal ini tak lepas dari kepedulian Bob Marley kepada keadaan sekitar, walaupun hanya lewat lagu, namun itu bisa membuat perubahan untuk golongan tertentu.

No comments:

Post a Comment